560 Ribu Unit Nissan Serena, X-Trail dan Leaf Kena Recall, Termasuk Indonesia?

Sebanyak 500.000 unit Nissan Serena dan X-Trail tahun 2010-2017 dan 60.000 unit Nissan Leaf tahun 2017-2023 mengalami recall secara global.

Serena dan X-Trail mengalami masalah pada sistem Idling Stop, sementara Leaf mengalami masalah pada manual pengemudinya.

Meskipun cukup banyak unit yang terdampak dari recall ini, PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) memastikan penarikan ini tidak berdampak pada unit di Tanah Air.

Nissan Serena dan X-Trail yang dipasarkan di Tanah Air tidak memiliki fitur Idling Stop, sementara fitur Defroster tidak tersedia di semua produk Nissan Leaf di pasar Indonesia.

Mobil Listrik BMW iX Kena Recall Gara-gara Cruise Control Bermasalah “Jika terdapat permasalahan dari produk Nissan yang dibutuhkan untuk dilakukan penarikan kembali (recall), tentunya kami akan membuat pengemuman secara resmi,” kata Chief Executive Officer (CEO) PT NMDI Tan Kim Piauw dalam keterangan resminya, dikutip Tempo hari ini, Rabu, 8 Maret 2023.

Kerusakan Idling Stop pada Serena dan X-Trail ini bisa mematikan mesin secara otomatis saat diam.

Sementara kesalahan manual pengemudi pada Nissan Leaf memberikan instruksi palsu tentang cara mengoperasikan Defroster.

Defroster merupakan sistem untuk memanaskan jendela atau kaca depan kendaraan dengan tujuan menghilangkan kelembapan atau es.

Dalam manual pengemudi, disebutkan bahwa saat kipas maksimum harus diaktifkan, hal itu bisa mengakibatkan pemanas memasuki model fail-safe dan output defroster menjadi terbatas.

All New Xenia dan Rocky Kena Recall, Begini Respons Daihatsu Pilihan Editor: Truk Listrik Mitsubishi Fuso eCanter Akan Hadir di Indonesia, Kapan? Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *