Gastrodiplomasi Kuliner Indonesia di Qatar International Food Festival 2023

Sejumlah chef dan pelaku kuliner di Doha Qatar diajak untuk mencicipi sajian kuliner khas Indonesia dalam Qatar International Food Festival 2023.

Acara experience dinner itu merupakan bagian dari diplomasi gastronomi untuk makin mengenalkan keragaman dan keunikan kuliner nusantara.

Dalam kesempatan itu, Founder Javara Indonesia Helianti Hilman serta pendongeng kuliner chef Ade Putri Paramadita berkolaborasi menyajikan masakan sekaligus mengenalkan beragam bumbu khas nusantara yang digunakan.

“Yang ingin kami tampilkan di sini adalah sesuatu agar ke depan nantinya ada trading, dari Indonesia bisa mengirim produk ke Qatar berupa makanan,” kata dia di Lusail Boulevard, Ahad, 19 Maret 2023.

Inovasi di Tengah Tradisi: Hong Kong dan Budaya Makan-makan Masakan khas Indonesia yang disajikan Ada sejumlah kuliner Indonesia yang disajikan untuk dicoba para pelaku kuliner di Doha.

Makanan itu juga sekaligus mengenalkan beragam bumbu dan rempah khas Indonesia.

Masakan itu antara lain nasi kuning, nasi biru, rendang daging dan jantung pisang, ayam tangkap, kering tempe, sambal matah, kacang tolo dan emping hingga kolak.

Chef Ade mengatakan masakan-masakan itu dibuat campuran bahan-bahan dari Indonesia dan lokal.

Berkunjung Ke Purwokerto? Jangan Cuma Cicipi Mendoan, Ini Kuliner Khas Lainnya Misalnya rendang yang dibuat dengan bumbu-bumbu asli Indonesia yang dibawa langsung dari tanah air dan dikolaborasikan dengan daging yang tersedia di Qatar, seperti daging kambing.

Kolak yang merupakan hidangan khas Ramadan di Indonesia dibuat dengan campuran pisang dan labu, ditambah kurma yang akrab bagi masyarakat Qatar.

“Jadi kami ingin rasanya Indonesia banget tapi bisa dicampur dengan bahan yqng mereka kenal,” kata Chef Ade.

Melalui beragam masakan itu, Chef Ade juga ingin mengenalkan bahwa orang Indonesia menyukai beragam makanan dalam satu piring seperti nasi campur.

“Jadi ada satu nasi dengan beragam lauk, beragam tekstur dan jangan lupa kriuk-kriuk nya,” kata dia.

Respons chef Qatar Salah satu chef yang mencicip sajian khas Indonesia dalam food testing itu adalah David Dahlhaus, Executive Chef Ritz Carlton Doha.

Ia mengatakan pengalaman mencicip beragam masakan khas Indonesia ini berkesan baginya.

“Komponen rasanya sangat menarik seperti beragam rasa meledak di mulut,” kata David.

David juga memuji rasa rendang yang enak, terutama rendang versi plant based yang menggunakan jantung pisang.

Menurut dia, itu sangat menarik karena tesktur dan rasanya sangat mirip dengan rendang menggunakan daging.

Kuliner Indonesia di QIFF 2023 Dalam ajang Qatar International Food Festival tahun ini, Indonesia menjadi tamu kehormatan.

Karena itu, ragam keunikan kuliner Indonesia ditonjolkan.

Di tengah banyaknya kuliner dari negara lain, Indonesia mendapat kesempatan untuk mengenalkan lebih jauh keragaman dan keunikan kulinernya lewat demo memasak dan experience dinner.

Selain itu, ada sejumlah restoran Indonesia di Qatar yang hadir dalam festival kuliner itu.

Misalnya Tofu and Cake yang menawarkan beragam masakan khas Indonesia, seperti sate, soto betawi, batagor dan lainnya.

Ada juga Mama Rozie dengan masakan, seperti nasi kuning, sate hingga soto ayam.

Hadirnya sejumlah kuliner itu, menurut Duta Besar Indonesia untuk Qatar Ridwan Hassan berpotensi membuka peluang kerja sama ekonomi.

“Melalui masakan kita bisa bercerita mengenai rempah-rempah kita dsn bumbu-bumbu masak kita yang sudah terkenal sejak dulu kala, dan ini bisa membuka peluang kerja sama ekonomi,” ujarnya.

Pilihan Editor: Qatar International Food Festival 2023, Indonesia Pamerkan Rendang dan Nasi Biru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *